Ini dia Panduan Singkat Cara Ganti Ban Mobil

Panduan Cara mengganti ban mobil. Bagaimana langkah-langkah atau urutan yang benar dan aman  untuk mengganti ban mobil? Pernahkah agan sekalian mengganti ban mobil agan sendiri atau minimal tahu tahapan yang harus dikerjakan? Kalau belum, sedikit panduan singkat bagaimana cara mengganti ban mobil berikut ini semoga bisa berguna.

Kemungkinan ban kempis karena bocor dan terpaksa harus diganti memang tidak bisa diduga kapan terjadinya. Barangkali ini yang membuat tidak setiap orang siap manakala terpaksa harus mengganti sendiri ban mobilnya. Padahal kejadian seperti ini tidak mesti selalu dekat dengan bengkel dan tidak selamanya ada orang lain yang bisa dimintakan bantuan. Nah supaya tidak gugup jika terpaksa harus turun tangan sendiri, berikut langkah-langkah mudah dan aman mengganti ban mobil yang sebaiknya agan ketahui.

Panduan Cara mengganti ban mobil

Langkah pertama, pastikan mobil sudah di berada di posisi aman yaitu di lajur jalan paling kiri dan sedapat mungkin usahakan agar mobil tidak berada tepat setelah tikungan.

Langkah kedua, tarik tuas rem tangan (rem parkir) dan aktifkan hazard.

Selanjutnya, pasang segitiga pengaman sedikit agak jauh dibelakang mobil agar kendaraan lain dapat dengan aman melewati mobil agan, Jarak aman ideal minimal 50 meter.

01 Pasang segitiga pengaman


Siapkan perlengkapan ganti ban mobil seperti kunci ring, dongkrak tangan termasuk ban serep.

0 siapkan dongkrak dan ban baru

Sebelum mulai pastikan semua jendela pintu tertutup rapat dan pintu sudah dikunci. Hati-hati terhadap barang bawaan agan seperti laptop, handphone dan tas lainnya. Usahakan agan simpan diposisi yang tidak mencolok, agar tidak mengundang hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika sudah siap, mulai kendurkan mur-mur roda menggunakan kunci ring sementara mobil tetap dalam posisi belum di dongkrak. Kumpulkan mur roda dan simpan dilokasi yang mudah dilihat.

Kendurkan baut ban

Pasang dongkrak dan mulai naikkan mobil sampai ban sidikit terangkat dari permukaan jalan. Taruh ban serep di kolong mobil, ini sebagai antisipasi bilamana dongkrak jatuh.

2 Dongkrak mobil

Selanjutnya lepas semua mur pelek dan ban. Kemudian taruh ban yang kempis tadi di kolong menggantikan ban yang akan dipasang. Pastikan posisi pelek ban menghadap keatas agar tidak tergores.


Mulai pasang ban serep pengganti lalu kencangkan semua mur roda dengan tangan semampunya, sampai kira-kira roda tidak dapat bergerak lagi. Agar kekencangannya sama, lakukan pengencangan mur roda secara berselang, tidak berurutan.

4 Pasang Ban Baru

Jika sudah selesai, mulai turunkan mobil perlahan-lahan sampai roda berada sempurna di atas jalan. Pastikan ban kempis yang  ada dikolong mobil sudah dikeluarkan.

4 Pasang Ban Baru

Berikutnya kencangkan dengan kuat semua mur roda, sama seperti sebelumnya, lakukan pengencangan secara berselang seling.

6 Kencangkan Baut

Selanjutnya agan rapihkan kembali semua peralatan termasuk segitiga pengaman dan simpan ban yang kempis di bagasi.

Sampai disini proses mengganti ban sudah selesai, dan selanjutnya akan lebih baik jika agan segera mencari bengkel terdekat  untuk menambal ban yang bocor sekalian mengecek semua mur roda yang agan pasang.

Nah demikian sekilas panduan langkah-langkah bagaimana cara mengganti ban mobil yang benar dan aman. Semoga bermanfaat bagi agan sekalian. Terimakasih.

Ini dia Panduan Singkat Cara Ganti Ban Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown