Ini dia Tanaman Pengusir Nyamuk di Taman

Bersantai di teras atau di taman depan rumah tentunya akan lebih nikmat dan menyenangkan jika tanpa disertai gangguan menyebalkan dari sekumpulan nyamuk-nyamuk nakal. Tingkah nyamuk yang berterbangan menggoda kulit bersih Anda benar-benar selalu  membuat jengkel. Lantas adakah cara mengusir nyamuk yang mudah, tanpa harus menyemprotkan beragam produk pestisida tak sedap itu? Ya tentu saja ada, manfaatkan tanaman pengusir nyamuk solusinya.

Selain dengan fogging khusus yang sebaiknya dilakukan rutin setiap periode tertentu, mengurangi atau menghalau berkembangnya nyamukdi taman rumah bisa juga dengan memanfaatkan tanaman. Beberapa tanaman diketahui cukup ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman-tanaman ini selain dapat memperindah taman di rumah anda juga mengandung sejumlah zat yang dapat mengeluarkan wewangian khas dan menyengat yang tidak disukai nyamuk. Berikut beberapa tanaman yang bisa anda coba tanam untuk mengusir nyamuk mendekati rumah anda.

                                                                    Bunga Lavender


Tanaman Pengusir Nyamuk Bunga Lavender
 Gambar Tanaman Pengusir Nyamuk Bunga Lavender

Tanaman yang satu ini pastinya sudah cukup familiar, secara banyak produk anti nyamuk yang menggunakan khasiat dari ekstrak bunga ini. Bunga Lavender atau dalam bahasa latinnya disebut Lavandula Agustifolia selain indah juga mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Zat-zat ini terbukti cukup ampuh mengusir nyamuk.

                                               Tanaman Geranium (Pelagornium citrosa)


Tanaman Pengusir Nyamuk  Tanaman Geranium
 Gambar Tanaman Pengusir Nyamuk  Tanaman Geranium

Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan tapak dara ini bisa anda tempatkan di halaman rumah anda. Bau wewangian khas yang keluar dari tanaman ini juga mampu membuat nyamuk enggan mendekat.

                                                               Tanaman Serai Wangi

Tanaman Pengusir Nyamuk  Tanaman Serai Wangi
                                   Gambar Tanaman Pengusir Nyamuk  Tanaman Serai Wangi




Bahasa latinnya tanaman ini disebut Cymbopogon nardus. Jika anda menyukai tanaman yang cukup rimbun dan menjuntai, anda bisa memilih untuk menanam Serai Wangi di rumah anda. Zat-zat yang terkandung pada tanaman ini juga tidak disukai oleh nyamuk. Zat-zat itu antara lain zat metilheptenon, geraniol, terpen, terpen alkohol dan asam organik sitonelal.

                                                                   Tanaman Zodia

Tanaman Pengusir Nyamuk  Tanaman Zodia
Gambar Tanaman Pengusir Nyamuk  Tanaman Zodia

Tanaman lainnya yang juga dapat mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk adalah Zodia (Evadia Suaveolens). Bau khas tanaman ini akan keluar manakala daun-daunnya saling bergesekan. Namun khusus Zodia ini, ia tidak terlalu tahan terhadap sinar langsung matahari. Karenanya tanaman ini harus cukup terlindungi atau anda juga bisa menempatkannya didalam rumah, untuk menghalau nyamuk dari dalam rumah.

Selain dengan memanfaatkan tanaman pengusir nyamuk, anda juga sebaiknya melakukan tindakan pencegahan sederhana lainnya seperti tidak membiarkan adanya genangan air yang dapat menjadi media nyamuk berkembang biak. Atau jika anda membuat kolam ikan di halaman rumah, buatlah aliran air didalamnya dengan memasang pompa air untuk kolam dan tentunya masukkan beberapa ikan kecil yang cukup efektif memakan jentik nyamuk seperti ikan mas dll.

Demikian sedikit informasi tentang tanaman pengusir nyamuk. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan selamat menikmati hari santai anda di teras rumah tanpa gangguan nyamuk-nyamuk genit dan supernakal.

Ini dia Tanaman Pengusir Nyamuk di Taman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown