Tips Sederhana Bagaimana Mengecat Rumah Sendiri

Cara mudah untuk membuat rumah agan tampil lebih berkesan salah satunya adalah dengan cara mengecat rumah. Dan jika agan punya banyak waktu luang plus ingin berhemat, mengecat rumah sebetulnya bisa agan lakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa tukang cat. Nah supaya hasilnya optimal, berikut sedikit tips sederhana bagaimana mengecat rumah sendiri.


Alasan klasik kebanyakan orang enggan untuk mengecat rumahnya sendiri adalah karena merasa tidak punya pengalaman. Padahal asal dilakukan dengan benar, proses pengecatan dinding rumah sebenarnya tidak terlalu susah.
Gambar ilustrasi Tips mengecat rumah sendiri

Hal pertama yang harus agan perhatikan adalah kondisi permukaan dinding yang akan di cat. Permukaannya harus benar-benar dalam keadaan kering, terutama untuk dinding rumah yang masih baru. Permukaan yang basah (kandungan airnya masih tinggi), akan membuat cat kurang meresap sempurna sehingga nantinya warna cat rumah akan mudah mengelupas. Untuk dinding rumah baru, agan bisa menggunakan pelapis berbahan dasar air sebelum melakukan pengecatan dengan warna sebenarnya.

Selain kering, pastikan juga permukaannya sudah bersih dan bebas dari segala kotoran termasuk debu, jamur atau lumut yang menempel. Pada dinding lama, lapisan cat yang lama bisa agan bersihkan dulu menggunakan amplas ukuran 100-200 atau bisa juga menggunakan cairan pengelupas cat yang banyak tersedia di toko-toko bangunan. Sementara jika ada jamur atau lumut agan bisa membersihkannya menggunakan air sabun atau cairan pembersih khusus.

Waktu yang bagus untuk mengecat dinding rumah adalah di siang hari. Suhu udara di siang hari dapat membantu proses pengeringan lebih cepat dan sempurna. selain itu, suasana terang alami di siang hari akan sangat menguntungkan. Agan bisa lebih mudah dan jelas melihat hasil pengecatan yang agan lakukan. Bagaimana kemilau warna cat nya, apakah sapuan catnya sudah merata, apa sudah cukup halus, dll.

Gambar rumah yang sudah di cat
Gambar rumah yang sudah di cat

Terakhir agar hasilnya lebih rapih, sebaiknya agan batasi terlebih dahulu bagian-bagian dinding yang belum atau tidak akan dicat. Jangan lupa juga untuk memberi alas dengan koran bekas supaya ceceran cat tidak mengotori lantai rumah.

Demikian sekilas tips sederhana bagaimana cara mengecat rumah sendiri. Jika agan sukses melakukannya, tentu agan akan merasa takjub. Ternyata agan juga bisa menyulap sendiri dinding rumah agan menjadi lebih ceria dan menawan. Semoga bermanfaat.

sumber: kompas.com 
http://rumahminimalis2016.com/1382-contoh-kombinasi-warna-cat-rumah/ 

Tips Sederhana Bagaimana Mengecat Rumah Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown