Ini dia tips cara mengurangi panas di dalam rumah

Di negara kita yang hanya mengenal 2 musim saja, saat masuk musim panas situasi didalam rumah jelas terasa berbeda. Sementara jika harus menggunakan mesin pendingin terus menerus juga kurang baik untuk kesehatan. Olehkarena itu, maka ada baiknya  untuk menyiasati suhu ruangan di dalam rumah agar  panasnya berkurang. Nah ulasan berikut akan sedikit berbagi tips cara bagaimana mengurangi panas di dalam rumah.

Pada dasarnya cara menyiasati panas untuk rumah di iklim tropis adalah dengan melakukan upaya agar intensitas radiasi panas matahari yang masuk kedalam rumah bisa berkurang. Dan berikut cara-cara yang bisa coba dilakukan:

mengurangi panas dalam rumah

Membuat Ventilasi Atap
Ruang Atap adalah area rumah yang paling besar dan langsung terkena pancaran panas sinar matahari. Dengan membuat ventilasi yang cukup di atap rumah, maka ini akan mengurangi radiasi panas yang turun ke dalam rumah. Dengan demikian suhu ruangan di dalam rumah juga akan berkurang.

Meninggikan Langit-langit rumah
Selain membuat bukaan atap yang baik, bisa juga dengan meninggikan langit-langit rumah. Dengan begini maka ruang kosong antara lantai dengan plafon akan lebih besar, sehingga memungkinkan pergerakan udara yang lebih banyak yang tentunya membantu menurunkan radiasi panas dari atap.

Menyesuaikan bangunan dengan arah matahari
Radiasi panas matahari terutama dari arah barat mulai pagi hingga siang dan dari arah timur mulai siang hingga sore. Karenanya jika memungkinkan maka untuk ruangan yang aktif dipakai, seperti ruang tidur atau area keluarga tidak diposisikan di sebelah barat. Sementara untuk mengatasi pancaran matahari di sore hari bisa dengan memasang fasad tambahan seperti awning dll.

Membuat Ventilasi Saling Silang
Untuk membantu melancarkan pertukaran udara dan agar alirannya menyeluruh sebaiknya membuat ventilasi   pada dua sisi dinding bangunan dengan ventilasi yang tidak sama ukurannya dan tidak berhadapan. Hal ini agar ada beda tekanan antar ruang yang satu dengan ruang di seberangnya.

Gunakan warna cat terang
Terutama untuk eksterior rumah, anda bisa melapisi dindingnya dengan cat berwarna terang seperti warna putih atau warna peach. Warna-warna cat ini lebih bersifat memantulkan panas ketimbang warna-warna gelap.

Bangun taman di halaman rumah
Taman dengan pepohonan hijau yang cukup di halaman rumah selain membantu menyerap panas juga dapat memberikan suasana segar dan sejuk. Olehkarenanya, menyediakan ruang untuk taman tentu jauh lebih baik ketimbang menutup semuanya dengan lantai keramik. Jika tidak dapat menanam langsung, menempatkan beberapa pot tumbuhan hijau adalah tindakan minimal yang bisa anda lakukan.

Membangun Taman di ruangan atas
Jika rumah anda bertingkat, anda juga bisa membuat teras atas nya menjadi  taman. Bahkan ada juga yang sengaja  mendesain bagian atas rumahnya dengan kolam ikan atau lahan rumput. Hal-hal ini tentu dapat mengurangi suhu panas di bagian bawah rumah, namun anda harus cermat saat membangunnya supaya tidak muncul masalah seperti bocor atau lembab dan lain sebagainya.

Referensi rumah terbaik: http://rumahminimalis2016.com

Ini dia tips cara mengurangi panas di dalam rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown